Posted by: endhy | September 30, 2008

KBB#7 Kambu Paria

Yihuy postingan kali ini kupersembahkan hanya untuk kbb, yang di bulan ini sedang berulang tahun. Resep ini asalnya dari makassar, originalnya punya siapa eijke juga ga tau yaa bo, yang pastinya sih turun temurun dari nenek moyang eijke hihi

aslinya aku paling benci sama paria, orang mo makan koq nyiksa diri sendiri makan yg pait2 ga ketulungan. Tapi kalo dimasak spt ini, pahitnya paria justru bisa ngimbangin gurihnya kelapa gongseng dan santan, jadi ga eneg. Bikin selera makan deh pokoke hehe ntar nambah lagi nambah lagi..sllrrrppp

yak, langsung aja yaa ini dia laporan endhy untuk KBB#7

 

Kambu Paria

Source : my mom

Bahan :

5 buah paria/pare ukuran sedang

cuci bersih, bagi menjadi 2 bagian, belah masing2 bagian untuk mengeluarkan isi (bijinya) hingga bersih.

Rebus hingga matang.

Daun serai secukupnya utk mengikat.

Isi :

kelapa parut dari 1 btr kelapa, gongseng hingga kecoklatan, blender hingga halus

200 gr (atau sesuai selera) ayam/daging/ikan goreng atau rebus, cincang

1 btr telur

Bumbu dihaluskan :

5 btr bawang putih

3 siung bawang merah

1 sdt merica

1 ruas kunyit

2 sdt garam

penyedap secukupnya (optional)

Bahan kuah :

50 ml santan kental

500 ml air

2 sdt garam

bawang merah secukupnya

3 sdm minyak goreng

Cara membuat :

1. Campur telur,kelapa gongseng, ayam/daging/ikan cincang, dan bumbu halus. Aduk hingga rata
2. Isikan bahan 1 kedalam paria/pare hingga penuh, lalu ikat dgn daun serai.
3. Tumis bawang merah dgn 3 sdm minyak goreng, sampai wangi.
4. Masukkan bahan kuah, ke dalam tumisan bawang goreng.
5. Setelah kuah mendidih, masukkan paria/pare isi satu per satu.
6. Tunggu hingga kuah mengental.
7. Matikan api, paria/pare kambu siap disajikan dengan nasi hangat.

Nah teman-teman maya sejagad raya, silakan dicoba resepnya.

Bersama ini kami dari manajemen mamadirumah cake shop (huatchiih) mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin. Met lebaran yaaaa  ^_^

Peace yooo!


Responses

  1. met lebaran ya endhy. kelihatan enyak!

  2. adaw, jadi lapar nih. met lebaran ya ndi, salam buat keluarga

    yglagistandbytelkomselsiaga

  3. pengen nyoba dweh…. tapii nunggu parenya mateng dulu… xixixixi… maaf lahir batin yha…

  4. selamat ya mbaaak… top deh kabu parianya !

  5. Selamat Endhy, jd pemenang..kakak bokap-ku doyan ama paria, daun pepaya, yg pahit2 deh..sampe skrg umurnya dah ampir 65 tahun masih cantik n seger..;-)

  6. Endhy, selamat ya udah jadi juara..
    Meskipun aku gak suka paria karena pahit, tapi penampakannya menggoda banget.. jadi pengen nyicipin nih..

  7. Endhy, selamat ya jadi pemenang favorit. Terus berkarya, ya.

  8. Selamat ya endhy. Ditanganmu parianya jadi keren banget.

  9. Selamat ya mbak Endy, dah jadi juara paporit.

  10. @ semuanya : makasih banyak yaaa atas responnya, i really appreciate it ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: