Posted by: endhy | August 22, 2008

Strawberry Shortcake Theme

Hellow my friends all around the world..i’m back again trying so hard to fight this ‘blogging blue’..sayangnya kali ini aku mau share uneg-uneg, bukan becandaan yang cupu-cupu kayak biasanya hehe.

Making this cake really give me a new experience, a brand new page of my whole caking book. Some things are good, some things are hurt. When you reach the end of this page maybe some of you will think that i’m such a morosely freak, but back again i’m just a part time baker still play my other roles as a mom n office worker, being perfect in one part seems almost impossible. But in making this cake i am trying so hard to pleased, so when the deal is not as i expected, try to understand if i sow my lament here in my dearest blog…fiuuhhh

Seperti yang keliatan di gambar atas, cake ini bertema strawberry shortcake. I made that figurine using fondant, so yes it’s edible, monggo dimakan kecuali tentu saja ada tusuk gigi buat menyangga lehernya hehe.

Awalnya pilihan jatuh pada ukuran dan harga cake bebek yang waktu itu aku buat, 30×30 cm dengan edible image tanpa figurine karakter apapun. Tapi seiring dengan diskusi yang panjang, banyak perubahan disana-sini. Termasuk request agar strawberry shortcakenya bisa dimakan bukan mainan kayak biasanya, bebek fondan lengkap dengan kolamnya, other request adalah cakenya dibuat bertingkat, dominan warna pink, lengkap dengan semua ornamen pendukungnya agar tema strawberry shortcakenya kesampean. Tidak lupa tester cake terlebih dahulu dan free delivery charge. dan aku udah bertekad meskipun banyak penambahan, aku ga akan mengubah harga, karena untuk teman sendiri.

Cake ini butuh persiapan yang panjang dan berhari-hari, untuk semua ornamen pendukung, alas papan, kardus, dll karena semuanya customized tidak dijual di toko bahan kue, dan tentu saja karena aku juga masih manghabiskan lebih banyak waktu di kantor daripada di dapur. Itu sebabnya beberapa orderan lain yang kira-kiranya mepet tidak aku penuhi. Begitu tester cake dan harga disetujui, perang pun dimulai. Since i am not aladdin from 1001 night tales, i started all the preparation about five days before deadline to actualize my imagination on this cake.

2 hari menjelang hari H cakenya minta dibatalkan. .aku bengong, kenapa ? ternyata karena mau ganti pesen cake ke tempat lain yang bisa ice cream cake. Terbayang itu edible yang udah diedit dan dicetak, bunga-bunga fondant, figurine bebek, dan strawberry shortcake yang udah dua kali bikin karena yang pertama lebih mirip hantu. Lebih sedih terbayang muka anakku rangga yang narik-narik bajuku sambil teriak “Lingkalan..lingkalan” di sampingku minta aku perhatikan, dan aku cuma sempat melirik benda yang dia pegang, karena lagi sibuk ngebentuk fondant,itu biskuit oreo yang bentuknya memang lingkaran.hikss..*tears*

Tentu saja permintaan pembatalan itu aku tolak, jelas udah ga bisa. Semua effort yang aku keluarkan untuk prepare cake ini harus menghasilkan sesuatu yang bisa aku dokumentasikan sebagai port folio. Penolakanku jadi diskusi yang panjang lagi, n berbuah komentar harga kemahalan, tekstur cake yang ambyar or ngeprul, dan rasa yang biasa. Mo nangis tapi ga mungkin..ini kan bukan syuting telenovela ya boo hehe. Akhirnya cakenya diganti lagi menjadi dua jenis yang atas dan yang bawah beda, tentu saja harga gak berubah.

Coba deh mampir ke toko cake yang udah famous, sampaikan ke mereka semua request yang anda inginkan hingga sedetail-detailnya, dan di akhir diskusi silakan lihat berapa jumlah yang ditagihkan pada anda, itupun kalau mereka mau menerima ordernya. Just as a lesson learned buat kita semua, baik yang jualan kue maupun pembelinya. Tau tidak kenapa tukang kue part timer mau mengerjakan aneka customized order macam ini dimana mungkin bakery-bakery terkenal menolak ? atau kalaupun tidak mereka akan matok harga selangit ? we don’t pursue your money, just to remind, we have other ‘side job’ as an office worker. What we chase is the experience, the challenge, to hone our ability, to dispense our hobby, to do a work of art..and for all that opportunities we give you a negotiable price. So for godsake please appriciate us, jangan membatalkan deal menjelang hari H, apalagi dengan penyesalan atas apa yang udah disetujui sebelumnya…hikkksss hikksss sungguh teganya..teganya..teganya…*sampe kerasukan maggie Z*

Hari delivery cake aku cuti, nganter cake dari tangerang ke gatsu dengan sangat hati-hati, ini pengalaman pertama mengantar kue dua tingkat, ternyata memang harus ekstra careful. Cake tiba dengan selamat di gatsu, tapi ternyata tidak selamat tiba dirumah, cake yang atas ambruk nimpa si figurine sampe alas kakinya patah, tentunya tidak lagi bisa dijadikan center of party yaa hiks hiks sekarang jadi tau kenapa para kurir kue dibayar mahal untuk pekerjaan mengantar kue, karena ini pekerjaan beresiko, tuh tangan pegel or keseleo gak papa yang penting kuenya nyampe dgn selamat *hihi ga segitunya juga kali yaa*
Begitulah curhatku yang panjang dan lebar, cukup diambil sebagai pelajaran aja, money is not everything but others feeling is..
here is the whole cake picture, peace yoo ^_^

Responses

  1. Hai Mba Endhy…
    salam kenal ya…
    dibalik cerita sedihnya …cake ini bagus sekali loh…terbayang deh segala effort untuk membuatnya,
    sabar ya Mba….jadikan peristiwa ini sebagai pengalaman yang berharga…
    semoga mba Endhy tidak akan mengalami kejadian serupa lagi di masa yang akan datang dan sukses terus untukmu…

  2. salam kenal mba…
    hwaaa… keren banget itu cakenya… angkat 4 jempol, berdiri dan keprok2…
    salute bgt deh…

    cuma itu customer ditutuk i ae pake mixer.. gila aja batalin pesanan semaunya dg alasan yg ga bgt deh (menurut aku).. aneh ya orang2 skrg pengen yg bagus dan detail yg macam pas dikasih harganya mahal protes.. woii bayar keratifitasnya dan idenya yg mahal termasuk bahan2 kue juga mahal.. (hehe.. kok aku yg marah ya.. tuing2..)
    Ya sabar aja mba, pasti ada hal yg berguna buat dirimu, diriku dan dirinya (halah)
    terus berkarya yaa…

    btw rumah dikarawaci ya.. uhuy.. bisa minta ajarin bikin kue nih ^_^

  3. Mbak Edhy….*hugs*
    Tetep semangat ya…tau banget gimana rasanya kalau ketemu customer yang seperti itu. Aku belum separah yang dialami mbak Endhy sih tapi pernah juga ketemu customer yang jengkelin.
    Sabar….

  4. aduuh, aku ikut berempati deh..
    pasti nyesek bgt rasanya ya?😦
    tapi gak apa mbak endhy, tambah pengalaman, berarti mau tambah jago kan?
    *hugs*

  5. halo mbak Endhy, wah aku baca ceritanya ikut gemees😦 Yang sabar ya mbak. Cake-nya cantik sekali dan sudah jago pula bikin figurine-nya. Sukses terus ya mbak…

  6. Hallo Endhy, jgn baking blue ya, kuenya cantik banget kok. keep on spirit ya.

  7. salam kenal, wuih aku juga punya pengalaman yang sama mbak, 10 toples choco crispy maringue, dibatalin, padahal udah dikemas rapi gitu, untung harganya ga begitu mahal, tapi sebeeeeeeeeeeeeeeelnya bikin sakit ati, tapi ya sabar aja, akhirnya dibagi2in ke temen2 deh, hehe…. cakenya cantik banget mbak, kalo aku sih belum bisa ndekor cake, hehehe

  8. Salam mbak endhy,sabar ya,ini memang dugaan untuk homemade baker…saya juga pernah mengalami pengalaman yg sama…..sedih….tapi saya suka sekali dengan hasil figurine mbak….cantik & kemas

  9. Sabar ya mbak Endhy….semoga Allah mengganti dgn rizki yg lebih banyaaaak lagi dr sumber yg lain.
    Hmm..mungkin order cakes (meski sbg side job) perlu juga dibuatkan PO sbg bukti order dan tulis dgn jelas…misal : order tdk bisa dibatalkan pada H- sekian sekian atawa bila dibatalkan ada kompensasi sekian persen dr total harga cake.
    Cuma ide loh mbak…

  10. Endyyyyy….duuh..lagi sedih yaa…udaaahh..deeehh..mungkin kita para bakul kuwe ini terkadang salah bidik pasar. Aku juga kayak gitu kook..wong black forest 150 ribu aja dibilang mahal. xixixixi..hare geneee..sabar ya sayyy…semua ada hikmahnya koook..percaya deehh..muuuuaaacch

  11. Halo Mbak endhy…cup cup cup…. jangan sedih lagi ya… Kuenya cantik sekali… nyesel tuh yang mesen ampe ga mau…
    Ambil hikmahnya aja mbak…
    1. Temennya mbak bukan temen yang baik (jadi ketauan kan orangnya kaya gimana tuh hehehe)
    2. Buat sistem DP kalo ada yang pesen apalagi kalo pesenannya customized.
    3. Bisa makan kue sacher di rumah…I wish I were in Jakarta untuk nyicipin buatan Mbak Endhy..
    Anyway, keep on smile ya Mbak…
    Sukses ya baking-nya…
    Hugs hugs hugs

  12. Honey, hal2 kayak gini akan bikin dikau lebih hebat lagi nanti ke depannya…. Dalam perjalanan jadi baker kita akan berhadapan dengan berbagai macem karakter orang, dari yang kue yang menurut kita jelek aja dipuji, sampe yang kue yang menurut kita bagus banget tetep dicari2 kejelekannya, pembeli emang macem2… nanti dari yang kita nyantai aja sampe kadang lupa nagih pembeli, sampe akhirnya kita akan minta DP dan create invoice ke pembeli2 selanjutnya…

    Intinya buuuk, you did a great job on the cake! Dan doain aja pembelimu itu kerasukan hobi baking kayak kita, n someday dia juga jualan kayak kita, dan ngalamin yang kayak gini, biar orangnya tau gimana rasa sakit hatinya orderan dicancel sepihak + dikomentarin nggak enak.

    Udah nggak usah baking blue, tetep bikin kue yang cantik, dan lebih pilih2 yaaa kalo bertemen, juga hati2 milih pembeli, hihihihi…

    *Hugsss

  13. @ all : trims yaa atas empati, support, dan sarannya, bagaimanapun somethings are good, aku jadi punya kesempatan membuat cake dengan design seperti ini ya karena ada yang order hehe once again thanks for all..^_^

  14. Dear mamadirumah……

    Maaf ya kalo dah dapet customer yang menjengkelkan kaya aku. Cuma ceritanya detail bgt ya? sampe jadi konsumsi publik….

    Dari mulai harga , aku ngga pernah nawar….
    memang 30cm x 30cm yang pernah aku pesan di Bakery dulu (tahun lalu ) memang segitu harganya Rp. 300rb.
    Mgkn kalo aku pesen tahun ini naik 30rb ya? tapi itu di Bakery Cake loh….aku ngga tau mgkn mamadirumah matok harganya bisa sama kali ya

    Tapi berhubung pesennya sama ibu ini dan aku pikir kayanya harga segitu possible lah….apalagi sama temen.

    Aku appreciate bgt loh bu, udah mau nampung my request dgn sebaik mgkn…..

    Satu hal yang memang aku tanyakan mengenai tekstur kuenya…..kayanya hal yg wajar deh krn kita kan awam nih….kalo di toko kita bisa liat displaynya langsung pd saat deal mau pesan.

    Tapi aku ngga sekejam itu loh…..artinya aku ngga jadi ngebatalin krn ibu ini dah bikin ornamen2nya….

    Bu, kalo kita mau positive thingking nih….just my opinion ….jadikanlah customer seperti aku sebagai pembelajaran…..dalam segala hal…..namanya juga customer….customer adalah raja….artinya dia bisa request macem2…..kalo emang ngga bisa n sanggup lebih baik ngga usah diterima aja kali ya orderannya….
    Next…. ngga usah terima orderan kalo dpt customer yg cerewet kaya aku kali ya :p

    Sekali lagi mohon maaf sudah merepotkan, menyusahkan dirimu….aku tidak pernah berpikir kalo kamu akan ngomong uneg2 ini sampe bikin aku terbengong2 bacanya……

    Ternyata pepatah yang bilang : cari teman memang lebih susah drpd cari musuh bener juga ya?

    Terimakasih banyak ya bu atas effortnya selama ini.

    Dari yang order kue

  15. nah semua udah clear ya ndy..
    yg order juga udah minta maaf..
    endhy jg musti sabar2..
    kalau berakhir dengan damai.. seneng deh bacanya.. lega hati.. peace yo nduk..
    oya buat cust.. emang bener cust adalah raja.. tp bu jgn cerewet banget2 ya hehe kasian tukang kue nya bisa stress.. peace jg bu..😀

  16. @yang order kue : iya mbak sama-sama, bener banget ini harus jadi lesson learned buat kita semua, saling menghargai satu sama lain, kadang yang kita katakan atau lakukan tanpa kita sadari telah menyakiti orang lain. sebisa mungkin semua yang saya sampaikan di blog ini tidak menyimpang dari kebenaran dan tetap beretika, mohon maaf kalau tidak berkenan, satiap cerita behind the cake tetap harus saya upload di blog ini, karena memang itulah tujuannya dibuat blog sebagai catatan pribadi, agar kelak kalau udah sukses jualan kue (amin)saya dan pengunjung lain bisa lihat napak tilasnya, bahwa kesuksesan juga diawali dengan berbagai rintangan.

  17. Satu yang aku belum sampein di milis tadi, aku ga habis pikir, kamu masih bisa bikin kue sebagus ini setelah perasaanmu teraniaya… hiks… hehehe… Sayang ternyata si kue akhirnya ambruk juga ya? Kualat tuh yang beli… Aku pernah bikin kue dengan struktur seperti ini (model 2 tingkatnya), dan berakhir rubuh juga, next mungkin agak dipendekin aja yang tinggkat 2 nya…

  18. Maaf ya sudah menyakiti dan mendzhalimi kalo begitu….

    Kalo aku lebih seneng semuanya fair aja. kalo memang dari awalnya keliatannya akan seperti ini lebih baik saran aku , ngomong aja bu….drpd dibelakang hari jadi ngga enak….apalagi kita selantai dan hampir bisa dibilang akrab loh…..lunch bareng….
    Kalo aku lebih suka to the point aja alias terbuka bu….

    Maaf kalo memang mamadirumah ngga nerima kritik…krn pada prinsipnya kita mau beli barang, ngga mau seperti membeli kucing dalam karung kan?

    O ya aku lupa , maaf utk delivery feenya….kalo emang masih kurang krn susah bawanya , aku bersedia bayar koq…..

    Aku pikir krn ketemu diknt jd termasuk servicenya…secara kita satu knt n satu lantai kecuali kalo dianter kerumah mgkn iya ….

    Iya sih ini blognya yang punya blog….apa aja bisa diuneg2in disini….cuma ngga nyangka aja ya ? aku pikir kita kan temen…..

  19. @yang order kue : as you request mbak udah aku smudge fotonya, mohon maaf tidak bisa aku delete. ^_^

  20. sabar ya mba endhy,
    adduh sedih banget bacanya..
    aniwe cakenya cantik bangeett.. two tumbs up deh,
    ayoo mba, tetep semangat yaa!

  21. Wow Strawberry shortcakesnya keren banget…………..gw sampe terkagum2 koq putri sarkitnya bisa persis bngt ya buatnya, huebat Mba Endhy……….oya berhubung mau bulan Ramadhan aku berharap semoga Mba Endhy n tmn nyang order kue bisa saling memaafkan…amiiiiin
    komen buat kue Endhy keren keren kereeeeeen🙂

  22. Hi Endhy.. aku sampe skarang ga ngerti kuenya salah dimana ya? Secara penampakan cantik, rasa pasti aku yakin enak (but again enak itu tergantung selera sih ya..mis ada yg bilang Dark Coklat enak, ada yg bilang ga enak, dst) Hehe.. Lalu kalau masalah harga naik ya dalam 1 tahun pastinya ada kenaikan harga-lah dimana-mana (kecuali gaji yaaa yang gak naik2 wehehe :P).

    Anyway, kalo memang sdh berkecimpung di dunia bisnis, sebaiknya bikin semua secara profesional, apalagi kalau urusannya Administrasi. Perlu bikin Quotation utk pemesanan dan ada TnC bayar dimuka/DP 50% dari harga total. Ibaratnya kita pesen kue di toko pun (yg pesen custome) pasti akan diminta DP atau malah bayar full dimuka. Moga2 udh ga Baking Blue yah.. Kue Endhy aku perhatikan makin lama makin keren deh.. Selalu ada harga yg musti di bayar untuk sebuah pembelajaran🙂 Slamat berbuka puasa..

  23. Mbak endi, musti sabar ya, yang namanya pelanggan mang banyak macamnya. Kesal sih kesal, tapi kita bisa ambil segi positifnya kok. Bisnis bisnis, teman tema, jadi nggak bisa dicampur adulin. Walaupun teman, harus diminta DP, dan perjanjian di surat pesanan, jadi nggak bisa batalin sepihak. Tentang rasa kue, tiap orang kan punya selera beda, terima aja kritik dengan berbesar hati agar kita terus merasa harus belajar dan meningkatkan kwalitas jualan kita.
    Tapi kalau boleh kasih masukan ya, rasaya kurang sreg ya kalau mesti diupload dan semua orang bisa baca, kalau kita bisa merasa tersinggung dan sakit hati, tentunya orang lain juga bisa merasa hal yang sama. Meskipun saya tahu banget rasanya kueseeelll n jengkel banget, karena sayapun udah pernah mengalami hal yang sama. Sory ya kalau ada yang tidak berkenan dengan komentar saya, maaaa…fff banget. Tetap semangat ya Mbak, doa saya makin sukses jualannya

  24. @hars:hai lam kenal,
    makasih yaa udah mampir ke blog ku n kasih komentar membangun. Aku kemarin memang ga nerapin DP karena ya itu belum pernah mengalami sebelumnya customer yg seperti ini, tapi setelah ini insya allah lebih profesional lagi dalam berbisnis.
    soal upload ke blog, aku percaya di blog kita memiliki kebebasan berekspresi seluas-luasnya, sepanjang penyampaian jujur tidak mengada-ada, tetap sopan, tidak menggunakan kata2 kasar, tidak mengandung unsur SARA dan sudah menyamarkan identitas ybs sedemikian rupa, maka isi dari blog itu murni untuk pembelajaran saja buat saya yang menulis dan buat orang lain yang membaca. semestinya diterima dengan lapang dada dan menjadi bahan perbaikan diri kita di kemudian hari.

    Saat ini kondisi pertemanan kami sangat baik, beliau sudah meminta maaf secara tulus, dan saya pun juga begitu. Tidak ada lagi ganjalan antara kami, dan dari kejadian ini kami telah sama-sama belajar bagaimana sebaiknya memperlakukan teman dan mitra bisnis.

    Thanks again atas masukan dan doanya ^_^

    endhy

  25. Sebenernya sih, dalamnya hati orglain ngga ada yg tau ya ngga? Aku ngga mau ribut aja sama temen….Aku setuju bgt sama pendapatnya Hars, netral….ngga mihak siapapun….

    Deep in my heart…..i’m still heartsick….as long as u post ur story in this blog….., sorry ya ndhie….this is honest

    Biarlah, mudah2an dgn begini dosa2 aku bisa terhapus….bukankah doa orang terdzalimi diijabah oleh Yang Maha Kuasa??? Amien….

    Dan mnrt aku ngga perlulah aku sebutin kenapa alasan kmrn sampe ngga jadi, pastilah ada hal prinsip yang ngga bisa aku sebutin disini…..just keep positive thinking aja….Maaf sekali lagi mohon maaf, bukannya kebenaran harus diungkap?

  26. Endhy… Banyak2 sabar ya… Ibu yang order kue juga… Maaf kalo sok nasehatin…. Ya sudah kalo udah saling memaafkan ya sudah, sakit hati pasti ibu maupun Endhy juga merasakan yang sama, tinggal mengobati luka hati masing2 aja… Kalo dibahas terus disini nanti nggak ada habisnya….

    Endhy, lanjutkan ceritamu sebagai tukang kue, temen2 banyak yang kagum sama karya2mu, jangan berhenti sampe sini yaa…. Ibu yang order kue, kalo masih sakit hati, ya saran saya jangan buka2 blog Endhy dulu, nanti sakit hati lagi… Toh fotonya udah dikaburkan, dan kami2 temennya Endhy nggak tau siapa ibu sebenarnya, Endhy merahasiakan identitas ibu kok… Endhy nulis disini sebagai catatan buat perjalanan dia aja, sebagaimana kami juga, para tukang kue yang jualan dengan blog, yang belajar bener2 dari 0.

    hihiiihihihih… Endhy tetep semangat Ndhy…

  27. lam kenal ya mbak…wiiih aq kq jadi meradang sendiri ya buka postingan ini…udah jelas2 merugikan orang lain kq tetep ngeyel yang ga mo ribut lah, asal tau aja mbak bikin kue itu RIBET, apalagi secantik itu, baking kue ga bisa disamain dong dengan masak air atau menanak nasi…apa ga kebalik tuh……biasa aja kq si mbak endhi menuangkan uneg2 nya…iihhh…aq kq jadi marah2 sendiri?lain kale kalo mo batalin jauh2 hari ya mbak,misal sekarang pesen besok langsung dicancel, jadi yang bikin juga ga rugi2 amat, bahan kue sekarang mahal mbak… maaf yaa…aq kata2in gini

    untuk mbak endhy lebih ati2 lagi ya milih cust ..
    tetep semangat mbak..

  28. Hi endhy, me again.After again and again baca post ini, sekarang baru really clear the story.It was so saddd..and crazy.What kind of cust…Hanya fikir tentang dirinya saja.All your effort dan cakenya OMG beautiful, tersendiri.. Imiganation nya terlalu melangit hingga menampakkan hasilnya.Then, the order was cancelled.If it happen to me, i dont’t know what to say.Atau enggak tau ape mahu dibayangi…
    Anyway, jadikan ininsatu lesson yg paling berguna.INSYALLAH pasti ada hikmah disebaliknya.Endhy pasti jadi lebih kuat, hati-hati, malah lebih bersemangat…

  29. Aku mau tanya donk, tujuannya utamanya dibuat BLOG ini bukan utk ngejelek2in orglain kan?
    Gini lho…kmrn aku ngga sengaja liat TV ONE, disitu ada perbincangan mengenai Hari BLOG Nasional, aku jadi paham kalo BLOG itu dibuat harus dgn tujuan tidak boleh mengandung unsur SARA, maupun menjelek2an pihak tertentu.
    Bukan berarti ya yang punya BLOG bisa seenaknya mengeluarkan uneg2nya disitu….kalo ada yg bersifat menjelek2kan orglain disitu…artinya kebebasan hak orglain sdh dilanggar….even ngga nyebut identitas diri…..apalagi kalo org yg diomonginnya tau…..
    Kebebasan berbicara boleh2 aja…..asal ber-etiket donk….sbg contoh kalo emang niat nyembunyiin identitas aku, ngga perlu sampe diminta harusnya foto anakku udah di-hiden sblm diposting….. right?
    Buat ibu2 or mba2 pembuat kue yang mencoba utk ber-empati sama Endhy….boleh2 aja…..asal tau permasalahan yang sebenarnya….lebih baik kalo ngga tau duduk permasalahan sebenarnya ngga usah kasih comment2 yang ngga enak deh….Coba deh anda posisikan kalo Anda jadi saya….saya yakin Anda semua ngga akan tinggal diam….tul ngga?
    Semua permasalahan yang ada antara saya dgn Endhy….belum sepenuhnya terjabar disini….krn saya juga ngga mau membeberkan semuanya sampai hal yang sekecil2nya….krn buat saya ngga etis ngejelek2in org disini….apalagi seluruh dunia bisa tau, malu kan????

  30. e alah mbak…ga usah marah2 gitu dunk…mbak endhi bikin blog selain mo jualan juga mo mencatat perjalanan karir sebagai tukang kue…ga punya maksud menjelek2kan mbak atau siapa pun yang pernah disinggung dalam blog ini, disini semua tertuang mulai dari yang namanya sedih, senang, bahagia, riang, semua di posting ma yang punya blog,
    nah mbak….mbak endhi cuma ingin kejadian ini menjadi cacatan hidupnya sebagai tukang kue juga menjadi pelajaran bagi yang lain…

    udah deh mbak ga usah di panjang2in deh…
    aq ikutin dari awal cerita ini lho…ga usah ditanggepin deh mbak…masalah mbak dengan mbak endhi tetap jadi masalah mbak b2 kita2 yang berempati cuma ngomentarin doang…saya pribadi ga kenal ma mbak, juga mbak endhi.
    di stop sampai disini aja deh mbak…aq minta maaf deh kalo ga suka dengan komentar aq beberapa waktu lalu..oke mbak…

    tuk mbak endhi yang sabar ya….

  31. Yuhuuu everyone makasih atas atensinya pada postingan ini, yang menghujat maupun yang ber-empati, semuanya sangat saya hargai masukan-masukannya..nah biar ga makin panjang lagi, semua comment yg masuk setelah ini akan saya delete/reject yaa, mhn maaf kalo kurang berkenan, peace yoo! ^_^

  32. Mba endhy..
    salam kenal y..
    udah liat2 blog nya.. dan there’s only one word i could say.. AWSOME…
    doing an art thing nor expressing our hobby is something that you should appreciate one, and no one could stop us from dreaming-wishing till we have our dream come true to be a true part-time bakers, and practice makes perfect, makes us strong.. ever after..
    kapan2 boleh telf2 ya mba..
    wassalam,
    reffi 0816102388


Leave a Reply

Categories

