Posted by: endhy | June 25, 2008

The very first unpaid wedding cup cakes

*Siapin secangkir kopi n cemilan yaa..sepertinya ini akan panjang hehe*

Hari minggu yang lalu, tgl 22 Juni 2008, tepat sehari setelah menaklukkan rekor MURI, adalah hari yang baru dalam dunia cakingku. Jadi di hari itu seorang teman, sebenernya dua orang teman sih, menikah. Si cowok dan si cewek adalah temannya papa, yang juga menjadi temanku, dan insya allah segera bertetangga dengan kami. Ide ini full dariku, menawarkan diri untuk buatin wedding cake, ciehh gayanya wedding cake pdhl moles aja masih terbata-bata, hihihi jadinya ya itu wedding cup cake yang gak perlu dipoles. Jadiiii aku bersedia melakukan ini tanpa dibayar karena aku pengeeeeeennnn banget udah punya pengalaman, udah tau jatuh bangunnya, udah ngerti untung ruginya sebelum pesanan wedding cup cake berbayar itu datang. Lagipula ada momen yg tepat, ini bukan buat orang lain, tp buat teman sendiri, yang udah dengan baik hati rela acaranya aku jadikan ajang eksperimen hehe

Satu hal yang menjadi hasratku dari wedding cup cake ini adalah, semuanya harus output dari tanganku sendiri. Jadi tiersnya pun buat sendiri, waktu itu bu enchef  yg baik hati udah nawarin mo minjemin tiers cup cakenya tapi karena imbalannya berat harus nyerahin sertifikat tanah dan sawah jadi yaa aku batalin rencana minjem tiersnya kikikik, kebetulan mbak anggi yang juga baik hati pernah posting di milis tentang cara-cara membuat tiers yang sederhana. Buat teman-teman yang mau coba silakan yaa main-main ke sini

Aku buat tiersnya hunting kesana-kemari buat dapetin bahan yang kuinginkan, jadi alas perak di indo itu kan tipis tidak seperti punya orang luar yang tebal, jd yaa aku pakai bahan gabus (spt dummy cake) yang biasa untuk kue-kue nampan untuk menghasilkan papan cake yang lebih tebal. Direkatkan jadi satu dengan alas perak yang seukuran, lalu dibungkus dengan kertas kado dan dililit pita beludru dgn warna senada.

Cup cakenya tidak aku buat dalam paper cup momma, ini aku beli di tbk belinya bareng dengan loyang cup cakenya jadi pas-in di tempat biar ga pusing lagi nyari2 paper cup dan loyang yang sejodoh. Kenapa ga pake momma ? bukan karena mahal or susah nyarinya hehe tapi karena aku mau buat cup cakenya dalam ukuran kecil biar muat banyak di tiersnya, karena tiersnya sendiri juga gak terlalu besar, cuma 40 cm, 35 cm, dan 30 cm.

Total cup cake yang bisa ditampung tiersku ini adalah 65 buah, ada sisa sekitar 30 buah itu aku kemas dalam kardus biasa untuk icip-icip pengantin dan keluarga. Resep yang kupakai adalah resep brokusnya bunda inong, pake brokus karena kata bu enchef ga akan ngeletek dari paper cupnya spt kalo pake butter cake. Ternyata bener, lengket erat di paper cup.

Gabus ukuran 18 cm yang semestinya buat dummy, tapi karena gak sempet lagi jadi cuma kuikat kertas kado dan pita lalu kutancepin bunga-bunga segar yang warnanya gak jauh2 dari tiers dan cup cakenya. Sepertinya mesti kursus ikebana nih, merangkai bunga minta panduan dari mamaku tercinta hehe. O iya aku beli kain beludru merah segala looh yang dengan ide dari mama aku sematkan daun-daun asparagus 3-3 helai diikat jadi satu buat pemanis, ini daunnya boleh metik dari halaman mama juga hihihi thanks yaa mom..

Finally, aku tiba di gedung sekitar pukul setengah sebelas bersiap-siap untuk menyusun cup cakesnya, orang-orang yang berkebaya dengan dandanan full udah wara-wiri, ac nya blom dihidupin masih panasss..nanya meja mana yg udah disiapin untuk cakenya ternyata orang catering juga gak tau. Beruntung sekali ketemu sama mas anang yg ternyata memang penanggung jawab permejaan di gedung itu, jadinya aku dapet satu meja yang pas banget ukurannya ditaruh dekat pelaminan di bawah AC hehe. Mulailah gelar taplak, pasang tiers, susun cup cakes, semat daun asparagus, letakin kartu nama, mas anang dan juru foto yg langsung saingan sama papa motret-motret the cup cakes, bilang cakesnya bagus huhuhu jadi terhibur, padahal ini nyusunnya gemeteran karena grogi, berhubung aku ga pernah spt ini sebelumnya jadi perasaanku agak tidak nyaman. Selesai semuanya, aku dan papa pulang, nyari-nyari anakku Rangga ternyata lagi di kolam renang nonton anak-anak kecil berenang, berhubung si pembuat cup cakesnya adalah tamu undangan juga jadi kudu balik dulu ganti baju yg cantik..oohhh oohhh aku gak bisa kalo gak dandan, ini aja cuma preparation di gedung gak pake dandan rasanya aku udah sama kyk petugas catering yang narik-narik keranjang piring huhuhu, dasar emak-emak centil..o iya lokasi gedungnya cuma satu dua napas dari rumah hehehe deket banget.

Akhirnya datang juga aku ke resepsi pernikahan yg wedding cakenya aku yg buatin hihihihi..nyampe sana beberapa orang rame obrolin soal cup cakes ituh ada yg bilang lucu ada yg bilang sebel karena gak boleh ngambil hihi ternyata panitia sampe berjaga bergantian di meja cup cakesnya biar tamu-tamu gak nyomot si cup cake.

Kita pulang setelah acara benar2 usai, sebagian besar tamu udah pulang, sebagian besar kartu nama udah ngilang, aku ijin ke pengantin dan ortunya buat bawa pulang tiers dan taplaknya, orang-orang yg ga tau pada ngeliatin, disangkanya tamu koq bawa-bawa pulang rangkaian bunga ama taplak meja hihihi

Jalan menuju parkiran dengan kebaya dan sepatu hak tinggiku dengan rangkaian bunga di tangan, ditemenin sama papa yang megang tiers, kita saling senyum-senyum, aku senyum karena bahagia lewat juga hari ini, papa senyum sambil bilang ke aku “I’m very proud of you” huhuhu nangis aku jadinya..iya pa i’m very proud of us, tau juga akhirnya nyari duit itu susaaahhh hehe

Peace everyone ^_^

*horeee udah gajiaann..i love to be a working mom hehe*


Responses

  1. congrats ya jeng telah menaklukan si wedding cupcake, kalo boleh saingan ma papa aku mau bilang juga “i’m so proud of you” tiernya simpen kalo kapan2 aku butuh ya hehehehe…

    kayaknya tier pending di lego, bener katamu, sepertinya aku gelap mata hahahahhaa..

  2. @widya :thanks yaa bu enchef, aku banyak dapet masukan darimu dan aku bebas bertanya apa aja padamu karena kamu selalu dgn baik hati dan antusias menjawab pertanyaanku yg kadang2 rada oon.bagus deh ga jd dilego, orang itu aja udah bagus bangeeettssss koq ^_^

  3. endy..

    congrats ya…
    moga-moga berkat cc yg free ini, rejekinya lancar….
    tiers nya cakep….

    sayang di sini susah cari bahan untuk tiang.

  4. Mbak endhy, cup cake nya bagus….
    sukses ya…

  5. wedding cakenya cantik mbak Endhy. Pantes dong di puji suami he..he.. congrats…

  6. hi endhy…congrats buat wedding cupcakenya. Its beautiful. Untuk awal memang perlu pengorbanan tapi Insya Allah akan berbuah manies. Orderan akan datang menghampirimu…Aku salah satu pengangum rahasia karyamu loh…
    Sukses terus ya bu…^_^

  7. Mbak Endy…
    Cakenya cantik… gpp sekarang gratisan.. pastinya nanti akan banyak dapet order…
    Sukses yaa…

  8. Cantiiiiiiiiikkkk buuuu………ini toh yang kemaren diceritain ,aku juga dah janjiin yang ginian nih ma sahabatkuw tapi dia baru meritnya januarii..mo lirik2 bu encheff deh mengiba pinjeman tiersnya??? hihihihi

  9. Bagussss mbak Endhyyyy

  10. @jengniniek : amiiiinnn, makasih ya mbak udah maen kemari, ntar beli tiers beneran aja mbak jangan jadi2an kyk gini hihihi ^_^
    @cherry,evi,hones : trims yaa ibu-ibu atas supportnya ^_^
    @reni,lisa basuki :amin, makasih yaa..tapi kalo buat gratisan untuk keluarga or kerabat beda loh dgn dibayar, gak stress n pusing dikerjainnya juga lebih santai hihihi ^_^
    @vicka : iya betul bu enchef itu always available koq, dont worry pasti dipinjemin ga perlu mengiba-iba hihihi ^_^

  11. mba endhy.. selamat yaa cup cake nya bagusssz banget..
    sukses terus ya mba..

    *tetanggasebelahyanggakpunyaidewaktuikutmurikemarin

  12. mbak endhy..salam kenal ya mbak…
    Selamat ya mbak akhir nya punya pengalaman bikin wedding cupcake…
    Makasih juga sharing2 ceritanya ttg wedding cupcake ini terutama tiers nya hihihi
    Secara ku tu pengen bs banget bikin tiers nya cuma ga tau kapan nih mau bikin…

    Sukses terus ya mbak..moga2 segera dpt orderan wedding cupcake lagih..biar aku contek lagih yach hihihihi….

    Oh iya mbak nanya..itu pake browkus kah? kok putih yak…browkus keju kah?

  13. Bagus sekali mbak… sukses terus ya…
    Beneran kayak bukan pengalama pertama.

    Aku jg ngimpi pingiiiinnn banget bikin cupcake wedding cake. Duluuu pernah bikin wedding cake kecil, pengalaman pertama juga. Tapi kuenya keciill..

    Eiya, salam kenal ya mbak, boleh aku add..?

  14. @putria: iyah seru sekali loh bikin tiers sendiri, apalagi sampe akhir acara dia ga ambruk hehe legaaa..iya aku pake brokusnya bunda inong yg gak perlu pake dcc dicairkan, jadi bukan brokus keju mbak, coklat bbk di resep aku ganti dengan susu bubuk, udah gitu doank hehe

  15. @miming: makasih mbak, tentu saja boleh ^_^

  16. Say, yang nikah itu dhiani sama Dani Setiaji yach .. wak aku ngga sempet dateng klo itu, kejauhaaan pulak,.. mau dunk foto2 pengantinnya disharing..biar ku broadcast temen2 seangkatan …

    Btw Udah mulai merambah ke wedding cupcakes nich say…. saluuut dech ama ibu muda satu ini.. buy the way bus way gimana mixer KA nya sudah diperbudak belum say..?

  17. @ifa_cha : iya betul, tp gak punya foto-fotonya say, coba minta ke dhiani aja kali yaa hehe mikser KA belum doonk, belum waktunya hehe ntar2 aja deh kalo udah heboh yg order hihihi ^_^

  18. Mbak Endhy … wuaaaaahhhh, baguuussss bangeeettt! Rapi dan cantik.

    Sayang kita nggak sempat ketemuan ya di MURI kemarin😛 Aku tungguin sampai jam 2 loh hehehehe …

    Sekarang aku nih yang deg2an … besok juga proyek unpaid wedding cupcakes pertama, buat acara siraman sahabatku. Siap2 begadang malam ini … hihihihihi …

  19. Endyyy..cantik banget niih..hehehe telat banget nih commentnya…kalo di lampung ada yang mau aku bikinin..kasih tau aja yaaa…xixixixi..
    waktu itu aku pernah nawarin kenalan mertuaku sih. unpaid juga…eh dianya gak mau..hihihi..gak rugi tuuuh…

  20. Endhy, baguuussss banget, keren deh, aku pengen bisa kayak gitu tapi ga pd nih nawarin ke orang2, boro2 utk wedding, yang biasa aja ga berani, ok sukses yaa

  21. mbak salam kenal….bagus banget wedding cake-nya…. seneng deh ikutan milis NCC. bisa kenalan ma orang hebat….

  22. Waaaaah….
    Cup Cakesnya cantik bangaaat mbak…
    Mbak Endhy kreatif sekaleeee….

  23. thank u dah share ceritanya ya Dhy..jadi ngeh kalo bikin cupcake pake butter cake bisa ngletekin. Pas kapanan bikin buat temenku , kirain anakku yg usil ngletekin itu cupcake. Ternyata..oh..ternyata.. maapken mama sayangku..^_^

  24. @eny : mbak eny suka ungu yaaaa ? wah rugi banget mbak yg gak mau..belum tauu diaa hehe ^_^

    @carla:selalu ada saat pertama kan mbak, kalo diniatin pasti deh ada jalan, met mencoba semoga sukses yaa

    @mamayo : lam kenal juga mamayo ^_^

    @wita : mami ridra, as always, thanks yaa ^_^

    @lia-angels : maap lia, aku ketawa baca komennya..polos banget hihihi kasian anaknya udah dituduh ngeletekin, pdhl emang kuenya aja yg bandel hihihi ^_^

  25. Salam kenal, mbak Endhy🙂
    Salut buat kegigihannya. Keren banged tiers-nya, kpn2 ijin contek idenya, boleh yaa?🙂
    Mbak Endhy, saya juga kesulitan nyari papercup sama cetakan cupcakes yang seukuran, kalo saya boleh tau mbak Endhy belinya di tbk mana?
    Terimakasih sebelumnya🙂

  26. @ayu : idenya dari louise cake journal koq mbak, aku juga nyontek hehe aku beli di tbk di tangerang, waktu itu ke laris gading serpong, cece dan vivi ki samaun tangerang, semuanya ada koq yg bisa dicocok-cocokin hehe

  27. Yihaaaa, ini toh…. ck ck ck… keren lah yauw…. semoga nanti kalo orderan wedding udah membludak , kebon mamamu gak jadi gundul karna dipetikin bunganya tiap ari buat dekor, huahhaha…

    great job bu, selamat ya!🙂

  28. @yulia :wah ada juragan tiers, iya nih buk aku mo menggusur beberapa kompleks kumuh buat perluasan kebun asaparagus mamaku…hahaha puass kamu puaassss ^_^ *tukul mode on*

  29. wow the cupcake stand is very pretty!🙂

  30. En, nanya donk, pake resep brokus itu, cup-nya jadi basah ga ya, trus cetakannya mesti yang kecil2 ya, kalo yang cetakan muffin di kukusanku ga muat nih, gimana yah, thanks before.

  31. @carla:kalo cakenya dah mateng buru-buru dikeluarin dari kukusan n cetakan mbak, ntar cupnya jd gak basah, tp memang sebaiknya mbak pake paper cupnya yg dilapisi kertas minyak gitu jgn yg murni kertas, paper cup momma ok koq mbak. kalo aku selalu dipas-in dulu mbak paper cup ke cetakan kalo ok baru aku beli hehe belinya yg satuan aja kalo kukusannya gak muat ^_^

  32. @jovie :thanks for the visit jovie ^_^

  33. ya itu masalahnya, ga pernah dapet paper cup momma, udah nyari dari gading serpong sampe ke tbk vivi di tgr juga ga ada, kl mo ke jakarta jauh sih, tp yang kamu pake warna hitam itu yang biasa kan, ato kamu ada referensi tbk yang lain, kasih tahu donk

  34. @carla :maaf ya br reply commentnya, papercup momma memang ga dijual bebas mbak, mesti order gitu ke singapore, tp asal tau linknya di indo juga ada yg jual, coba ke toko loyang edi majestik denger2 dia ada jual, tp aku sendiri blom pernah kesana n ga punya no tlpnya hihi, biar aman coba telp aja dulu. Iya itu aku pakai paper cup biasa aja dicocok-cocokin dgn loyang muffin yg aku punya di rumah. belinya di vivi kalo ga salah mbak, dah lama juga sih.

  35. duuh komenku telat banget😀
    cuppiesnya baguss mbaa.. wah great job deh! tiersnya jg ok banget, cantiikk..
    congrats yaa..

  36. dear mba endhy,
    nama kuw dine,akyu nge fans banget sama mba endhy lho..kueh2nya cantik2 n mantap2..terus ga pelit kerjaannya bagi2 resep teyuss..mba semoga tambah sukses,rezeki nya tambah banyak yaahh..coba akyu deket akyu samperin deh mba..btw mau nanya boleh,secara akyu tinggalna di kota kecil,mau nanya mascarphone cheese itu apa ya??ada gantinya ga kalo gaada di sini??gula kastor juga akyu gatau??hehehehe…amateur niy,ini baru coba2 jualan kue kering disini,abis jarang yang yummy disini,makasiii banyak2,sukses n salam kenal yah!!oiya akyu di lombok..hayuu kapan2 liburan sini,ditemenin deh jalan2,peace yo!

  37. Mau tanya harga untuk wedding cup cake berapa ya?
    3 tingkat, yang simpel – topers boleh pake bunga.
    Tolong balas ya bu…

  38. @yona:dah sy balas ke emailnya yaa bu,thx

  39. hallo mbak….
    mo nanya dong…aku juga mo coba bikin tiers sendiri, tapi cuma 2 tingkat, apa gabus itu kuat mbak?rencana mo naroh cake 18 x 18 ditingkat paling atas, tapi takut gabusnya patah…
    bisa ga mbak?
    makasih sebelomnya…


Leave a Reply

Categories

