Posted by: endhy | May 31, 2008

KBB#5 Banoffee Pies

Huaa tiap kali satu tantangan terlewati, pasti berjanji dalam hati tantangan berikut harus lebih baik lagi, atau bisa dibilang lebih niat lagi hihihi tp janji tinggallah janji adddaaaa aja yg bikin ngerjain tantangan sambil terseok-seok. Kali ini persis sama dgn tantangan meringues kemaren, seisi rumah pada tumbang karena flu berat mulai dari papa yg dengan sukses nularin ke rangga, lalu rangga oper ke mama dan juga ke mbak-mbak pengasuhnya..yeaahh selesai semua terkontaminasi, alhamdulillah skrg semua udah sembuh, persis di hari terakhir laporan.

Jadi teman-temanku tersayang inilah banoffee piesku yang jelek pisan..jangan tertawa jangan terbelalak, beginilah kalo orang pertama kali ketemu adonan pie, hehe yang menyenangkan bagiku dari ikut kbb ini adalah seperti jalan di lorong gelap, ngikutin resep bener2 sesuai interpretasi masing-masing, teman-teman member lain banyak yang senang discuss dan bertukar pikiran sebelum deadline tiba. Tapi kalo aku, karena memang ga punya ilmu dan pengalaman apa-apa yg bisa dishare jd suka malah bingung sendiri baca hasil diskusinya hihihi ya sud hajar aja yang penting hasil akhir pienya renyah, karamelnya enak..sllrrpp

ini dia yaa resepnya..

Banoffee Pies

Sumber: Foodtown Magazine. October-November 2007; Cuisine Magazine, November 2002. dengan modifikasi resep pastry dan filling.

Tingkat Kesulitan: Menantang. Untuk 4-6 potong.

Pastry:
300g tepung terigu, 150g mentega tawar, iris dadu, 5 sdM gula, 2 kuning telur, 3 sdM air dingin

–> endhy: bagi 2 semua bahan di resep

Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek). Proses hingga menjadi remah-remah.
Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure).

–> endhy: ga punya food processor, jadi semua bahan aku olah pake scrapper, soale kalo pake tangan takut pienya keras (lihat gambar no 2).

Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery. Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.

Note: jika tidak mempunyai food processor, tepung bisa dicampur dengan mentega pakai jari hingga berbentuk remah-remah hanya saja jangan diremas-remas. Gunakan ujung2 jari jika ingin mencampurkan tepung dengan mentega.

Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart.. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama

30 menit.

Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)

Filling :



75g mentega, 50g brown sugar, 3 sdM susu, 300 SKM, 2 buah pisang matang tapi tidak lembek, 300ml krim, ˝ -1 cup white chocolate curls atau parut.

—> endhy: bagi 2 semua bahan filling, ganti brown sugar dengan gula halus dan gula palem 1:1

Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).

Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam.

Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart (boleh dengan cara mengolesi atau menyemprot dengan spuit, it’s the time to use your imagination!) Taburkan coklat serut di atas krim.

—> endhy, ga pake coklat serut, cukup diayakin coklat bubuk..ga ngaruh koq, banoffee piesnya udah ennaaakk bangeet ^_^

Dengan ini, bu vin menganugerahiku logo lulus KBB#5, alhamdulillaaaahh..makasih ya mbak vin n mbak santi

Peeaace yooo ^_^


Responses

  1. wiiiiii cantik jadinya, ndhy!! well done, dear endhy. sukses ya!

  2. @arfi : Makasih mbak arfi udah sido mampir..banopinya ennaakk dehh ^_^

  3. Sekali makan hap..enyakk!

  4. tante endhy!!!! kita tos dulu.. aku juga pake coklat bubuk.. biar gak terlalu manis.

  5. plok..plok..plok…
    sukses bikin pienya ya..

  6. Duh.. krimnya tinggi banget. Pasti enak nih..

    http://baniaskitchen.blogspot.com/2008/05/tantangan-kbb-5-banoffee-pies.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: