Posted by: endhy | April 21, 2008

Brownies with Pear

Yeeaa..It’s radical, it’s unusual, it’s super delicious !!! Beneran dehh suerr tekewer-kewer, brownies ini enaakk banget, lembutnya gak nahan, sepotong takkan pernah cukup, TRUST ME !!

Well, berawal dari suatu pagi, iseng nonton shownya Oprah Winfrey..yang dibahas adalah cerita tentang Vegetables War hihihihi lucu banget, kenapa anak-anak susah makan sayur. N juga sharing cerita dari Jessica Seinfeld seorang ibu yang berhasil menyiasati menu makan anak-anaknya, sehingga tanpa mereka sadari mereka jadi suka sayuran. Jadi ceritanya Bu Jessica Seinfeld ini membuat puree dari berbagai macam sayuran untuk kemudian disusupkan ke dalam makanan favorite anak-anaknya. Jadi sejak itu, setiap makanan yg dibuatnya jadi semakin sehat, dan kaya cita rasa. Juga tidak ada lagi ‘perang sayur’ setiap kali meal time tiba hehe asikk yaa..

Actually, Bu Jessica punya banyaaakkk banget resep makanan yg pake puree sayuran. Ada nugget brokoli, choco chip cookies dgn kacang spanyol,kuning telur rebus dgn kembang kol, dll..semuanya berisi puree sayuran. Dulu sampai Rangga usia 8-9 bulan aku juga selalu buat puree sayuran yg di stock di freezer buat tambahan menunya, makanya pas liat isi freezernya Jessica Seinfeld waktu diliput, dalam hati bersorak “Jessica Seinfeld…Gue Bangeetttt!!” qiqiqiqi ^_^

Nah, menu yg aku contek pertama kali adalah Brownies…yeaa aku dan brownies selalu ada chemistry hehe pokoknya setiap dapet resep brownies baru pasti langsung dicobain, abisnya doyaannn banget. Resep aslinya brownies ini pake bayam dan wortel..yepp i repeat once again, Spinach & Carrot. Sepintas lalu emang sih kesannya yaks banget..tp gara-gara pas nonton Oprah itu, yg pada maem ekspresinya kayaknya nikmaaatt banget, jadinya penasaran deh mau tau resepnya. Satu lagi yang bikin resep ini resep “rumah” banget, karena ga perlu pake mixer, jadi semuanya cuma dicampur dengan whisker..huaaa gampang banget ^_^

Buat yang pada penasaran, bisa liat-liat di situsnya oprah, disitu banyak resep-resep ok lainnya buat dicoba.

Khusus brownies bayam dan wortel, ini yaa resep versi londonya (dalam cup). Untuk versi dalam ‘gram’, nyusul yaa, atau kalo lagi pada rajin monggo dikonversi sendiri hihihihi

Brownies with Spinach & Carrot

INGREDIENTS
Nonstick cooking spray –>endhy :loyang dioles margarin doank
3 oz. semisweet or bittersweet chocolate
1/2 cup carrot puree –> endhy : pear puree
1/2 cup spinach puree –> endhy :pear puree
1/2 cup firmly packed light or dark brown sugar –>endhy : 1:1 = palm sugar : sugar
1/4 cup unsweetened cocoa powder
2 Tbsp. trans-fat-free soft tub margarine spread –>endhy : blue band, pake Low Fat Margarin lebih okeh
2 tsp. pure vanilla extract
2 large egg whites
3/4 cup oat flour or all-purpose flour
1/2 tsp. baking powder
1/2 tsp. salt

Preheat the oven to 350. Coat an 8″ x 8″ baking pan with cooking spray.

Melt the chocolate in a double boiler or over a very low flame.

In a large bowl, combine the melted chocolate, vegetable purees, sugar, cocoa powder, margarine and vanilla and whisk until smooth and creamy, 1 to 2 minutes.

Whisk in egg whites. Stir in the flour, baking powder, and salt with a wooden spoon.

Pour the batter into the pan and bake 35 to 40 minutes. Cool completely in the pan before cutting into 12 bars.

PERHATIAN :Agar bau langu dari bayam atau pear hilang, konsumsi browniesnya setelah bener-bener dingin ya. Kalo dimaem besoknya makin enak deh jadi lebih moist dan pearnya ga berasa..

Si Cecep Jalan-jalan ke Danau Toba,

Nih resep lumayan buat dicoba..yeaa garingg lageee ^_^


Responses

  1. pertamaaaaa koment huheueuueee…
    gilee.. bener-bener deh tempting banget, sampe basah ni keyboard.. masih adakah dirumah? mau donkkkk…

  2. @widya puteri: Bu enchef..apa kabar ? udah lama ga chit chat hehe dah abis tuh bu bronis na, bikin aja yukk ^_^

  3. Oh…ternyata si cecep lagi jalan-jalan ke danau toba…pantesin dicariin ga ketemu2…hihihi (ikutan gareeeng..) huehuehue..akyu juga mengikuti jejakmu..freezer isinya berbagai macam puree

  4. mbak, bolehkah dimasukkan dalam menu jualanku ?

  5. @kathy: boleh, tp please ga keberatan menyebutkan sumbernya yaaa dari endhy dan oprah hehe biar terjaga keasliannya, trims ^_^

  6. Mbak Endy

    Lam kenall kuenya uayu2….jd ngiler neeehhh…met berkarya…maju terus smoga sukses

    Wass
    Mei – Bali


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: