Posted by: endhy | December 10, 2007

Choco Chiffon Cake

choco chiffon cake1

Apa itu ? Apakah itu gunung batu yang siap didaki? Tentu saja bukan ya boo, inikan bukan blog pencinta alam.kekeke itu adalah penampakan dari Chiffon Choco Cake yang bertabur gula halus. Jadi ceriteranya begini..hari jumat lalu aku, mbak emma dan mbak arzni ada rencana menengok mbak tuti yang baru saja melahirkan putra keduanya. Nah, karena tidak ada papa yang masih di Bandung sibuk belajar, itu berarti tidak ada yang nganterin aku untuk berbelanja kado per-baby-an. Saatnya kita blog walking mencari resep-resep baru yang maknyus nan praktis karena keahlian ibu ini masih sangat minim, hanya seputar sacher torte dan cheese cake yang bolak-balik bikin karena adaaaaa aja yang gak bener. Hmm, jatuhlah pilihan pada resep chiffon choco cake dari blognya mbak riana (hai, mbak..it’s me again hehe). Ini dia ya ibu-ibu resepnya, silakan ditayangkan di dapur masing-masing:

choco chiffon cake

Choco Chiffon Cake
Source:Riana Ambarsari

Jangan lupa tips dan trik chiffon cake di bahasan chiffon ketan hitam ya
Bahan:

50 gr coklat bubuk

175 ml air panas untuk melarutkan coklat bubuk

1/4 sdt garam

175 gr terigu ayak

350 gula halus/kastor (kalo gak suka terlalu manis dikurangin aja)

1/2 sdt soda kue

1 sdt baking powder

85 ml minyak goreng

10 btr putih telur

10 kuning telur

1 sdt vanili bubuk/extract (optional)

Larutkan cokelat bubuk dan air panas, aduk dengan whisk hingga rata dan licin. Sisihkan

Campur terigu, soda kue, baking powder, aduk rata. Buat lubang di tengahnya, kuning telur, larutan coklat, minyak goreng dan vanili. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.
Kocok putih telur dengan kecepatan sedang hingga berbusa, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit, kocok sampai putih telur membentuk ujung tumpul (soft peak) waktu mikser diangkat.

Masukkan putih telur dalam 3-4 tahapan ke dalam adonan tepung, aduk balik dengan spatula hingga rata.

Tuang adonan ke dalam loyang, banting sedikit 2-3 kali, panggang dalam oven hingga matang (lk 75 menit) atau adonan tidak menempel ketika ditusuk dengan lidi. Angkat kue dari oven, balikkan loyang hingga kue dingin.

Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang. Hias sesuka hati.

Nah, mbak tuti selamat ya dengan kelahiran baby barunya, Alhamdulillah ternyata dirimu suka kue ini ^_^


Responses

  1. Asyik ni telurnya irit, ada ga resep cake lain yg ga bnyk2 telur

  2. MAU IKUTAN DONG KALO ADA KURSUS BIKIN KUE GRATISSS………HEHEHE………………..HUBUNGI LEWAT EMAIL YAAAAAAAAA……………..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: