Posted by: endhy | October 28, 2007

Sacher Torte

sacher-torte-5.jpg

Ambil resep dari†milis, dengan penyesuaian bahan yg ada¬†^_^¬†

Bahan-bahan:

A: Chocolate Ganache

500 gr dark cooking chocolate (cincang or serut)

500 ml whipped cream

75 gr butter (aku gak pake)

Bahan cake

B:160 gr mentega

150 gr tepung terigu protein sedang

160 gr gula kastor (aku pake gulaku)

160 gr dark cooking chocolate (lelehkan)

1 sdt vanili essence

8 btr kuning telur

B1: 8 btr putih telur dan 150 gr gula kastor (aku pakai gulaku), kocok sampai putih dan kaku. 

C:Olesan (optional)

100 gr selai apricot

50 ml air

Cara membuat:

A:Chocolate Ganache

Hangatkan whipped cream di atas api kecil (pake teflon lebih bagus ga lengket), jangan sampai mendidih. Masukkan dcc cincang aduk hingga coklat dan whipped cream rata. Dinginkan beberapa jam hingga mengental seperti selai kacang.

Cake

B: Kocok mentega dan gula hingga pucat dan mengembang, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah. Masukkan vanili dan baking powder. Aduk rata dengan spatula or sendok kayu. Masukkan cokelat leleh, aduk rata (pastikan tidak ada adonan mentega yg tersisa di dasar), dan warna adonan tercampur rata. Masukkan tepung terigu dan putih telur secara bergantian sambil terus diaduk hingga benar-benar rata (tidak ada butiran tepung terigu or busa putih telur yg belum rata). Bagi dua adonan lalu tuang ke loyang yang telah diolesi mentega dan ditabur tepung terigu secukupnya. Panggang hingga matang. ovenku suhu 180 der selama 30 menit.

C:Olesan, campur selai apricot dan air lalu panaskan hingga larut, kemudian saring hingga menjadi air selai.

Finishing cake:

Siramkan air selai apricot pada cake. Ambil satu lembar cake, lalu olesi dengan ganache dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Lalu tumpuk lagi dengan lembaran cake satunya. Sisa ganache kocok dulu sebentar sebelum dioles sebagai topping. Lalu dihias dengan butter cream atau bisa juga ditabur dulu dengan almond dan cheddar parut sebelum dipanggang kalau memang cakenya gak pengen ditutup dengan ganache.


Responses

  1. testing

  2. Ndi.. enyakk nih kayaknya.. nyontek resepnya ya..
    mau coba tapi belom kesampean.
    mau tanya non, kan dicara buat cake , masukkan vanili dan baking powder, nah baking powdernya brp byk?
    di bahan cakenya ga ketulis BP soalna. tq yaa..

  3. @mali : ayuk dibuat yaa..bp nya kalo aku sih suka kira2 aja, 1/2 sdt gitu deh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: