Posted by: endhy | January 25, 2008

Chiffon Cake Ketan Hitam (Again)

chiffon-ketan-hitam.jpg

Yeeaahh, posting lagi ahh..jangan bosen ya pemirsa ini kembali lagi kita membahas tentang chiffon ketan hitam. Tapiiii..kali ini pakai resep yang berbeda dengan postingan terdahulu. Resep Chiffon Ketan Hitam yang ini pakai campuran tepung terigu dan tepung ketan hitam, rasanya ennaaakk, ringan, dan lembut di lidah. Kekurangannya ada pada takaran telurnya, jadi di resep tidak ditentukan jumlah telur melainkan beratnya, jadi menggunakan 160 gr yolks dan 240 gr egg whites. Soo, ibu-ibu harus menimbang ya, kalau nimbangnya kurang ya ditambahin hingga pas dengan takaran di resep, tapi kalau kelebihan ya udah, jangan dikurangin (sayang telurnya†ya booo) pakai ajah, ntar hasilnya cakenya makin lembut deh, jadi hati-hati saat motongnya biar kuenya gak hancur, ok.

Aku sendiri bikin resep ini pakai 9 telur looh, kuning dan putihnya aku pakai semua. Ini sih jelas udah kelebihan daripada takaran di resep, tapi ini dalam rangka menghabiskan stok telur yang udah lama2, takut rusak n mubazir dehh. Hasilnya oke koq, cakenya tinggi banget tapi gak kempes tuh di luar oven, n juga lembut dan ringan. Ini bukan anjuran ya ibu-ibu untuk pakai 9 telur, tetap lebih baik patuh pada resep.

Nah, liat deh gambar di bawah, koq bentuknya mirip roti tawar yaa..hahaha roti tawar ketan hitam deh aku namain ^_^

chiffon-ketan-hitam2.jpg

Berikut resepnya yaa :

CHIFFON CAKE KETAN HITAM

Source: Fatmah Bahalwan

Bahan A:

160 gr kuning telur

75 gr gula kastor

1 sdt vanilli†

Bahan B:

240 gr putih telur

125 gr gula kastor

1 sdt garam

Bahan C:

50 gr tepung terigu protein sedang

100 gr tepung ketan hitam

1 sdt Baking Powder Double Acting†

Bahan D:

150 ml santan kental instant

3 sdm minyak sayur
Cara membuatnya:

-kocok bahan A hingga kental, sisihkan. Dengan mixer bersih lain, kocok bahan B hingga kaku.

-Tuang adonan B kedalam adonan A secara bertahap sambil diaduk hingga rata.

-Ayak Bahan C, tuang kedalam adonan pertama, aduk rata. Tuangi bahan D, aduk balik hingga rata.

-Tuang adonan kedalam loyang Chiffon yang telah dialas kertas, oven dengan suhu 200íC selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 150íC selama 30 menit lagi hingga matang.

-Angkat, balik loyang diatas alas kue, biarkan dingin. Lepaskan dari loyang, potong-potong.

Dicoba yaa, gampang koq n pasti gak nyesel deh ^_^

About these ads

Responses

  1. wah kayaknya enak ni,gue ambil resepnya yah?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: