Posted by: endhy | December 21, 2007

Brownies Kukus Putih Telur

brokus putih telur

Kemaren buat Lapis Surabaya spesial buat kk emmy, kakakku tercinta yang domisili di Makassar sana. Seminggu ini mamaku, pompo (nenek) nya Rangga sedang berlibur ke tanah kelahirannya, jadi aku nitip sama beliau. Ceritanya oleh-oleh dari adiknya ini yang sedang hobi-hobinya memanggang kue.

Nah, postingan kali ini bukan tentang si lapis surabaya itu, karena potonya kurang dramatis, kurang menggoda selera (halah..), mungkin lain waktu pas dapet momen poto yang lebih oke kita omongin lagi deh si lapis surabayanya. Jadi yang akan kita pelajari bersama di sini adalah impact yang muncul dari pembuatan si Lapis Surabaya itu. Apakah dia ? Simak setelah pesan-pesan eh gambar berikut yaa

rangga

Qiqiqi..maap ya ibu-ibu ini gambarnya tidak berhubungan dengan kue-kue..tapi pas ngetik-ngetik koq aku kangen pada cowok ini. Kenalin ya tante-tante, namanya Muhammad Rangga Pratama, lahir 13 Juli 2006, sekarang umurnya 17 bulan..he is my adorable son ^_^

Balik lagi ya ke persoalan lapis surabaya tadi..untuk menghasilkan lapis surabaya yang maknyus dibutuhkan kuning telur yang jumlahnya tidak sedikit, dimana putih telurnya tidak diikutsertakan..and what become of those egg whites ? Jangan dibuang ya, kalau mau dipakai sebagai masker wajah boleeehh, kalau wajahnya udah mulus aku kasih alternatif lain buat aja nih Brownies Kukus Putih Telur

brokus-pth-tlur.jpg

Brownies Kukus Putih Telur

Source: Buku Resep Andalan Ny. Liem (semua takaran di resep aku bagi 2)

Bahan 1:

360 gr putih telur (kurleb dari 11 btr telur)

150 gr gula pasir

7 gr emulsifier

  • Kocok semua bahan di atas hingga kental dan mengembang

Bahan 2:

160 gr tepung terigu

40 gr cokelat bubuk

  • Ayak keduanya bersama-sama

Bahan 3:

100 gr dark cooking chocolate, lelehkan

50 ml minyak goreng, aku pakai margarine blueband

  • campur cokelat dgn minyak goreng

Bahan olesan:

100 gr DCC cair, aku pakai meisjes

  • lelehkan sebagai olesan.

Cara membuat:

Masukkan bahan 2 sambil diayak ke dalam bahan 1, aduk hingga rata. Masukkan bahan 3, aduk lagi hingga rata. Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang 20×20, kukus selama 15 menit, tuang dcc cair/meisjes secukupnya hingga menutupi seluruh permukaan brownies, tuang lagi sisa adonan, kukus selagi selama 20 menit. Dinginkan. Siap disajikan untuk keluarga tercinta, Salam Brokus ^_^

About these ads

Responses

  1. lahitu napa si kecil nyureng? akibat jahilnya kamera mama ya? ciaaaaaaan!

  2. Dia memang gitu tante, suka kedip-kedip genit kalo tau lagi difoto, hasilnya ya matanya jd nyureng gitu deh xixi ^_^

  3. Salam kenal mbak…,duh seneng yah rangga punya mama yang jago buat cake,saya boleh minta resep brownies kukusnya ya…

  4. salam kenal mbaaak :)

    minta resep ini yaaa :)

    habis bosan kalo ada putih telur cuman digoreeeeeeeng mulu hihihi!

  5. Ehh…aku dah nyoba loohh kakakk…muaknyuussss..truss,mertuaa juga suka..hehehee..cucok buat “nyogok”mertua..salam kenal yaa… :-) fb:nuritakusuma.maya1@gmail.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: