Posted by: endhy | November 6, 2007

Chiffon Cake Ketan Hitam

ketanitem21.jpg

Mari para bunda dicoba resepnya nyam nyam, chiffon ketan hitam ini teksturnya lembut banget dan karena udah melalui berbagai percobaan jadinya dibuatlah resep ini yg hasilnya gak terlalu manis pas banget..

source dari milis ncc, original recipe by ibu ruri ncc (http://www.kuehruri.blogspot.com/) + tips n trik dari member ncc yang lain (maaf gak ketemu lagi arsip imelnya siapa yg ngirimin)

 

Bahan 1:

5 btr kuning telur

100 ml santan kara

150 gr tepung ketan hitam ayak

75 gr minyak goreng

campur semuanya aduk rata dengan whisk

Bahan 2:

5 btr putih telur DINGIN kan

1/2 sdt cream of tartar

1/2 sdt garam

100 gr gula pasir

kocok hingga kaku, soft peak.

 

Cara mencampur adonan kuning telur dgn putih telur adalah dgn

cara dipancing, yaitu :

-ambil sdkt adonan putih telur, campur ke adonan kuning telur agar

adonan kuning telur terlihat sdkt ‘cair’, hingga lbh mudah u/

dicampur ke adonan putih telur. Masukkan campuran ini ke adonan

putih telur, aduk dgn whisk/spatula dgn cara ‘aduk balik’, lalu

LANGSUNG tuang ke loyang khusus chiffon & panggang, JGN DITUNDA.

ingat ya loyangnya gak boleh dipoles sama sekali, boleh dialas kertas roti tapi dasarnya aja pinggir loyang gak perlu

Panggang dengan suhu 170′C sekitar 1jam

 

Stlh matang, langsung tengkurapkan loyang dan keluarkan cake dr loyang SETELAH BETUL2 DINGIN (sekitar 3-4 jam)

dgn mengeruk pinggir loyang dgn pisau (boleh pakai pisau poles).

Selamat mencoba !

About these ads

Responses

  1. Saya tertarik sekali dgn chiffon cake ketan hitam, saya mencoba dari tetangga yg lagi acara natalan. Enak sekali dan lembut.. dalm hati saya pengen minta resep.. eh alhamdulillah lagi brouwsing ketemu blog ncc ni… ntar saya coba, tapi yg jadi pertanyaan proses pengeluaran dari loyang kok lama banget ya.. 3-4 jam. Bearti kalo mo bikin lagi perlu 2 loyang dong…
    Trims ya.. dapat resep ini, soalnya bukunya di toko lumayan loh harganya

  2. Hai mbak aini, sebetulnya gak sampe 3 jam juga gak papa, asal kuenya udah benar2 dingin. Met mencoba yaa :-)

  3. hola mbak Endy..aku udah coba nih chiffon ketan hitamnya..wuih..enak dan lembut..jadi mau coba resep chiffon yang lainnya :) aku link ya…thanks..

  4. Halo mbak endhy…
    Mbak aku udah nyoba resepnya ini…wah gatot deh :( mungkin krn gak permisi dulu yaa..hehe *pisss…* maaf ya buu….

    Aku pake baking pan, ngaruh gak ya? kemaren males pake oven. Nah aku gak olesin juga tuh pan, wah jadinya gak ngembang dan gosong….tapi dalemnya sih tetep lembut sih….

    Aku udah ikutin semua tips n triknya gimana ya bu spy sukses, kira2 salah dimananya….soalnya aku suka banget sama chiffon…lembut, enyakk tapi murmer…

    Thanks sblmnya ya mbak…

  5. oya….putih telurnya aku masukin kulkas bentar…apa gara2 itu ya jadi gak ngembang?

  6. Salam kenal mba’,aq mau nanya apa bs tepung ketan hitam diganti dg tpg ketan putih?krn ditmptku hanya ad tpg ktn putih n itu jg kdg kosong.Thank’s
    Salam dr org jauh.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: